Monday, June 6, 2016

Kenapa Hari Pertama Bulan Ramadhan Jama'ah Masjid di Indonesia Membludak?

Tulisan pertama gua di bulan Ramadhan tahun ini. So excited! Pertama bangun pagi tadi (habis sahur & sholat shubuh tentunya) hampir lupa kalau hari ini puasa dan setelah bangun dari tempat tidur langsung melihat air putih buat diminum (kebiasaan gua kalau bangun tidur harus minum dulu). Alhamdulillah, pikiran gua langsung mengingatkan gua kalau hari ini puasa dan gua udah sahur sehingga niat minum pun gak jadi.

Sebenarnya ini sudah menjadi pertanyaan yang basi kali ya, karena gua yakin semua orang Indonesia pasti tahu bagaimana semeriahnya/banyaknya jama'ah masjid ketika hari pertama puasa. Lalu, pertanyaannya kenapa hal itu bisa terjadi? Kenapa cuman pas hari pertama puasa saja orang-orang muslim ini berbondon-bondong melangkahkan kakinya untuk "shalat" di masjid, terutama waktu sholat maghrib dan isya? Kenapa setelah bulan puasa berlangsung beberapa hari (sekitar mulai hari ke 10 s/d hari ke 29 bulan puasa), jamaah masjid pun mulai berkurang dan semakin sedikit?

Gua jadi teringat kejadian tadi malam. Jadi gua niat buat sholat isya dan tarawih pertama di masjid tadi malam (beneran tadi malam banget ne). Kebetulan gua datang agak telat ke masjid dekat kos gua tempat biasa gua sholat. Gua jalan ke masjid dan gua dengar sholat udah dimulai dari kejauhan. Ketika gua sampai di gerbang (kecil) masjid itu, gua melihat orang-orang pada berkerumun berpakaian sholat di gerbang tersebut sehingga menghalangi gua buat masuk masjid. Dan betul saja firasat buruk gua, ketika gua berhasil melewati kerumunan yg gak jelas pada ngapain itu (soalnya sholatnya udah mulai), gua terkejut! Masjid sudah dipenuhi manusia-manusia yang lagi sholat hingga ke area luar masjid. Mereka ternyata membawa sajadah buat sholat diluar masjid agar tidak kotor. Gua perkirakan jama'ah pada malam itu melebihi jamaah sholat jumat biasa. Jujur, karena gua gak bawa sajadah, gua pun kehilangan hasrat buat sholat di masjid itu dan akhirnya gua pulang balik ke kos (jangan ditiru adegan ini).

Jadi, back to the topic. Kenapa hari pertama bulan Ramadhan jama'ah masjid di Indonesia umumnya pada membludak? Berikut 4 hal menurut gua yang membuat hal itu bisa terjadi.

1) Euforia Bulan Puasa

Muslim mana sih di dunia ini yang tidak bahagia akan datangnya bulan Ramadhan? Satu-satunya bulan dimana umat muslim puasa bareng-bareng, buka bareng-bareng, sahur bareng-bareng,sholat taraweh bareng-bareng, ngabuburit bareng-bareng, sampai hunting takjil buka puasa bareng-bareng (anak kos yang berada di perantauan pasti tahu banget nih rasanya. hehe). Karena segala euforia akan hal-hal indah yang bakalan di dapat dari bulan Puasa ini maka hal itulah yang menyebabkan jamaah masjid menjadi membludak di awal bulan.

2) The First Strugling Taraweh & Its Norm

Taraweh. Ya, inilah hal yang pertama kali diincar oleh setiap orang. Walaupun rakaat sholatnya banyak dan memerlukan stamina yang cukup mumpuni, namun seperti ada semacam pemikiran yang beredar di masyarkat yang mengatakan "Hari pertama puasa harus sholat tarawih!". Sebenarnya pemikiran ini bersifat tidak tertulis namun seakan berbentuk norma (atau kebiasaan, convention, atau apalah namanya) yang harus diikuti oleh masyarakat muslim. Hali inilah yang membuat kejadian mengejutkan "ingin sholat di masjid" tadi malam terjadi sehingga gua tidak jadi melakukan ritual sholat taraweh perdana tahun ini. Mungkin gua bisa dianggap orang yang melanggar norma tersebut. hehe.

3) Bertaubat dan Meningkatkan Amalan Ibadah

Mungkin ini bisa dimasukkan sebagai alasan kenapa kejadian membludaknya jamaah pada awal bulan ramadhan bisa terjadi. Bulan Ramadhan sebagai bulan pengampun dosa, bulan dimana semua setan dan iblis dikekang, bulan penuh berkah yang dijelaskan berkali-kali di setiap khutbah dan ceramah yang disampaikan di masjid dan di siaran televisi islami.

4) Takjil

Dan yang terakhir adalah takjil. Mendengar kata takjil, gua langsung teringat masa-masa kelam waktu masih anak-anak dulu dimana sudah menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk berburu takjil bersama kawan-kawan bocah gua di masjid. Dan gua melihat hal ini masih terjadi sekarang soalnya gua pasti melihat bocah-bocah di masjid dekat kos gua selalu ada ketika takjil dibagikan, bahkan bukan hanya para bocah, orang-orang dewasa pun juga ikut menjadi pemburu takjil! Sepertinya mereka terbawa suasana masa kecil. hehe.

Itulah alasan-alasan dibalik misteri kejadian membludaknya jamaah masjid di Indonesia ketika awal bulan Ramadhan. Saya bilang "di Indonesia" karena mungkin hal ini tidak terjadi di negara lain. Tidak bisa serupa cara muslim di Marocco menyambut bulan Ramadhan dengan muslim di Indonesia. Jadi, setiap negara pasti memiliki keunikan tersendiri ketika menyambut bulan yang penuh berkah ini.
Well, selamat menjalankan puasa bagi yang menjalankannya (gua yakin persentase umat muslim yang tidak berpuasa di hari pertama ini hanya sedikit) dan tetap stay strong!

#AMMR

No comments:

Post a Comment