Sunday, June 19, 2016

Insiden Sholat Subuh "Telat Berjamaah"

Pengalaman unik terjadi dalam hidup gua subuh kemarin. Jadi ceritanya gini, gua seperti biasa sehabis sahur langsung bergegas pergi ke masjid buat sholat shubuh di masjid dekat kos gua. Waktu gua berangkat dari kos gua, tidak seperti biasanya adzan dari masjid dekat kos gua itu belum terdengar, namun masjid-masjid lain dari kejauhan sudah mengumandangkan adzan. Gua berpikir "Ah, mungkin bentar lagi adzan, agak telat mungkin ni masjid adzannya". 

Gua pun sampai di masjid itu dan duduk menunggu adzan dikumandangkan. Namun apa yang terjadi? Gua sudah menunggu sekitar 15 menit duduk terdiam namun masjid ini belum adzan-adzan juga! Pengunjung sudah ramai memenuhi masjid menunggu ketidakpastian dan keanehan ini. Sementara sekitar 13 menit yang lalu gua mendengar suara iqomah dari masjid lain sudah berkumandang. Mungkin sekarang jamaah masjid tersebut sudah selesai melaksanakan sholat.
Semua mata pun tertuju pada jam yang berada di depan, tepat diatas ruangan sholat imam. Gua pun menggerutu dalam hati "Jam sudah menunjukkan pukul 04:54 namun belum adzan juga?" 
Padahal semua orang mungkin sudah tau kalau waktu subuh wilayah Jakarta dan sekitarnya adalah pukul 04:39 berdasarkan jadwal imsak yg dibagikan).

Para jamaah pun mulai resah dan saling melirik kesana kemari. Mungkin semua pada bertanya pertanyaan yang sama yang ada di kepala gua "Apa yang mereka (muadzin) tunggu lagi? Kok belom adzan lagi ini masjid? Atau kok belom mulai lagi sholat subuhnya sementara masjid-masjid sebelah sudah selesai sholat?" Jamaah masjid pun mulai resah dan kemudian mulai bersuara "Sudah! mulai aja komatnya!" teriak salah seorang bapak-bapak kepada 2 pengurus di depan yang terlihat mulai tidak nyaman. Jamaah yang lain pun ikut-ikutan "Iyaa, mulai aja iqomahnya sekarang! Nunggu apalagi? Udah ramai nih jamaah nya!" Gua hanya diam memperhatikan. Suasana di dalam masjid gua rasakan seperti "demo" yang dilakukan para jamaah kepada pengurus masjid. 
"Tapi masjid ini belom adzan, kita adzan dulu yaa". Kira-kira seperti itulah reaksi si muadzin. Dan betul saja perkiraan gua, bukannya mengumandangkan iqomah, dia malah mengumandangkan adzan! Disitu pun gua mulai geleng-geleng dan berpikir "Yaelah, ini pengurus masjid pada kenapa sih? Gua udah nunggu hampir 20 menit dan baru adzan ini masjid?" Gua gak tau harus ketawak atau sedih ngelihat ini masjid (terutama pengurusnya).

Terdengarlah suara adzan masjid kami satu-satunya. Mungkin masjid-masjid yang lain sudah lama menyelesaikan sholat shubuh dan kami baru adzan! Bego banget gak? Itulah pengalaman sholat shubuh telat berjamaah di masjid yang pernah gua alami sekali seumur hidup!


#AMMR

No comments:

Post a Comment