Sunday, June 5, 2016

Apa itu Mars One Mission?

Pagi-pagi, masih segar pikiran enaknya nulis nih. Ditemani lagu-lagu galau tentunya. Benar-benar pagi yang sempurna. Back to the topic. Jadi, apa itu Mars One Mission? Pernah dengar gak kalau umat manusia bakalan memperluas koloni mereka hingga ke luar angkasa? Ah, lebay banget bahasa lu. Lah, ini serius loh. Pernah ngelihat postingan orang-orang di instagram, facebook atau twitter yang sudah "bosan"  hidup di bumi dan ingin keluar dari bumi ini dengan mempostingkan "tiket pesawat luar angkasa" mereka? Kalau belum mending lu searching hashtag #marsmissionticket atau #marsoneticket di instagram atau twitter. Orang-orang gila ini (gua salah satunya) benar-benar ingin keluar angkasa! Pergi jauh meninggalkan konflik-konflik antar manusia di bumi dan berusaha mencari tempat yang lebih misterius dan liar untuk ditempati sebagai a better place to live.

Lalu, kemana tujuan mereka? Tujuan mereka (atau kami) tentu saja adalah Planet Mars. Apa? Planet Mars? Yang bener lu? Yap, Planet Mars. Ya benar lah. Orang-orang tangguh dalam misi ini adalah orang beneran yang membawa misi menyelamatkan dunia (gua kok jadi teringat film armageddon). Bukan menyelamatkan dunia deng, tapi lebih kepada menjadi bahan percobaan apakah benar manusia bisa tinggal dan hidup di Mars layaknya manusia normal yang tinggal di bumi. Jenius kan pemikirannya?

Beberapa rangkaian research sudah dilakukan oleh NASA (pasti udah tau lah apa itu NASA, yang tak lain merupakan penggagas dari Mars One Mission ini) dan beberapa waktu lalu memberitakan bahwa ditemukannya unsur air di salah satu bagian Planet Mars. Air tentu saja merupakan hal terpenting bagi manusia untuk bertahan hidup dimana pun mereka berada, baik di Bumi ataupun di Mars.   Tentu saja penemuan ini menjadi satu harapan baru bagi manusia untuk bisa hidup di Planet Mars.

Gua jadi teringat film Martian (bagi yang belom nonton, mending nonton dah) yang kalau gak salah baru akhir-akhir tahun kemaren rilisnya. Film itu menceritakan (spoiled dikit) seorang manusia mampu bertahan hidup di Mars selama 2 atau 3 tahun (agak lupa ini) seorang diri padahal teman-teman Astronautnya yang lain dan orang-orang di Bumi beranggapan bahwa dia sudah mati di Mars akibat insiden cuaca ekstrim Planet Mars yang membuat dia terpisah dari teman-teman Astronautnya. Lalu pertanyaannya, bagaimana cara dia bisa hidup di Planet Merah yang sama sekali tidak berpenghuni itu (katanya alien-alien ada yang hidup disana sih. hehe)? Apa mungkin dia beneran bisa hidup disana? Menjadi satu-satunya manusia yang pernah tau bagaimana rasanya mengkolonisasi Planet tersebut?

Okay, cukup sampai disitu. Gua gak bakalan jawab pertanyaan-pertanyaan misteri diatas. Jadi gua saranin mending lu langsung nonton aja biar tau jawabannya apa (ini bukan bentuk Mars Campaign (Kampanye Mars) gua ya. wkwk). Nah, sekarang udah pada tau kan apa itu Mars One Mission. So, see you guys in Mars and feel how it is to be A Martian! :D

#AMMR

No comments:

Post a Comment